Back to homepage

Tugas Dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Kantor Imigrasi

Tugas pokok dan fungsi imigrasi dikenal juga dengan Tri Fungsi Imigrasi. Tri Fungsi Imigrasi ini meliputi :

  1. Pengaturan tentang berbagai hal mengenai lalu lintas orang keluar, masuk dan tinggal dari dan ke dalam wilayah negara Republik Indonesia.
  2. Pengaturan tentang berbagai hal mengenai pengawasan orang asing di wilayah Repubik Indonesia.
  3. Pemeriksaan dokumen perjalanan, baik negara yang ditinggalkan, negara yang dikunjungi, maupun negara yang dilalui.

Berdasarkan batas-batas teritorial negara Republik Indonesia yang diakui secara internasional maka timbal yurisdika atau hak dan kewajiban hokum Indonesia atas setiap orang, benda, dan perbuatan yang berada dan terjadi di bawah dan di atas wilayah Indonesia. Dari sudut pandang keimigrasian bahwa dalam lingkup batas-batas territorial, keimigrasian berfungsi untuk meminimalisasikan dampak negatif dan mendorong dampak positif dari yurisdiksi sementara yang timbul akibat keberadaan orang asing yang bersifat sementara selama berada dalam wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Fungsi keimigrasian dapat berada di darat, laut, dan udara wilayah Indonesia.

Pada tempat-tempat tertentu, yang menjadi gerbang masuk atau keluar ke suatu wilayah dilakukan clearance secara universal oleh imigrasi, yang kemudian bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Custom ( Bea dan Cukai ) dan Quarrantine (Karantina), pihak kepolisian dan militer dalam satu perlintasan. Adapun kapasitas area kerja meliputi imigrasi untuk clearance perlintasan manusia.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Imigrasi, Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan mempunyai komposisi kependudukan yang beragam dengan jumlah penduduk sekitar 637.448 jiwa di Kota Balikpapan, 231.593 jiwa di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Tanah Paser sekitar 142.693 jiwa.

 

Kedudukan, Tugas dan Fungsi

Pasal 528

  1. Direktorat Jenderal Imigrasi adalah unsur pelaksana yang berada di bawah dan          bertanggung jawab kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  2. Direktorat Jenderal Imigrasi dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal.

Pasal 529

Direktorat Jenderal Imigrasi mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang imigrasi.

Pasal 530

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 529, Direktorat Jenderal Imigrasi menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan di bidang imigrasi;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang imigrasi;
  3. Penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang imigrasi;
  4. Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang imigrasi; dan
  5. Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Imigrasi.